UNSUR
INTRINSIK
Alur/plot : AlurMaju
Bukti
:karnadalamceritainitidakmenceritakantentangmasalalu.
Tema : Kekeluargaan, KerajaandanKasihsayangtulusseoranganakkepada ayahnya.
Latar/setting :
1.
Latartempat
:
Kerajaan (bukti: hikayatinimengisahkantentangkerajaanjamandahulu.)
Taman (bukti :tanparagu, putrikuningmengambilsapudanmulaimembersihkantamanitu.)
Danau (bukti :ketika sang raja tiba di istanakesembilanputrinyamasihbermain di danau.)
Terasistana (bukti :sementaraputrikuningsedangmerangkaibunga di terasistana.)
Kerajaan (bukti: hikayatinimengisahkantentangkerajaanjamandahulu.)
Taman (bukti :tanparagu, putrikuningmengambilsapudanmulaimembersihkantamanitu.)
Danau (bukti :ketika sang raja tiba di istanakesembilanputrinyamasihbermain di danau.)
Terasistana (bukti :sementaraputrikuningsedangmerangkaibunga di terasistana.)
2.
Latarwaktu
:Padazamandahulukala
3.
Latarsuasana
:Sedih (bukti: berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, takada
yang berhasilmenemukanPutriKemuning. Raja sangatsedih."Akuini ayah yang
buruk," katanya.)
Tokoh:
1.
Protagonis : Raja danPutriKuning
2.
Antagonis : PutriJingga,
PutriNila, PutriHijau, PutriKelabu, PutriOranye, PutriMerahMerona,
PutriKuningdan 2 putrilainnya.
Karakertokoh-tokoh
1. Raja :
Bijaksana (bukti: sang raja dikenalsebagai raja yang bijaksana)
Penyayang (bukti: sang raja sangatmenyayangianak-anaknya)
Bijaksana (bukti: sang raja dikenalsebagai raja yang bijaksana)
Penyayang (bukti: sang raja sangatmenyayangianak-anaknya)
2. Putrikuning :
Baikhati (bukti: karnaparainangsibukuntukmenurutipermintaankakak-kakaknya, tamanmenjaditidakada yang membersihkan. Tapidengansenanghatiputrikuningmaumembantumembersihkantaman.)
Penyabar(bukti: “Haipelayan! Masihadakotorannih!” ujarseorang yang lain sambilmelemparkansampah. Taman istana yang sudahrapi, kembaliacak-acakan.Putrikuningdiamsajadanmenyapusampahsampahitu.)
Ramah (bukti: Sebaliknyaiaselaluriangdantersenyumramahkepadasiapa pun.)
Baikhati (bukti: karnaparainangsibukuntukmenurutipermintaankakak-kakaknya, tamanmenjaditidakada yang membersihkan. Tapidengansenanghatiputrikuningmaumembantumembersihkantaman.)
Penyabar(bukti: “Haipelayan! Masihadakotorannih!” ujarseorang yang lain sambilmelemparkansampah. Taman istana yang sudahrapi, kembaliacak-acakan.Putrikuningdiamsajadanmenyapusampahsampahitu.)
Ramah (bukti: Sebaliknyaiaselaluriangdantersenyumramahkepadasiapa pun.)
3. PuteriHijau
: Jahat,
mudahiri (bukti: PuteriHijaumelihatPuteriKuningmemakaikalungbarunya.
"Wahaiadikku, bagusbenarkalungmu!Seharusnyakalungitumenjadimilikku,
karenaakuadalahPuteriHijau!" katanyadenganperasaaniri)
4.
Kakak-kakakputrikuning
:Nakal, manja, jahat. (bukti:
seringmembentakinangpengasuhdanmenyuruhpelayan agar menurutimereka,
merampaskalungputrikuning,
menangkapdanmemukulkepalaputrikuningsampaiputrikuningmeninggaldanmenguburnyatanpamemberitahuayahnya
(raja).
Sudut Pandang : Orang Pertamadan orang ketiga.
Amanat :
-Berlakubaiklahkepadasesamasaudarakita
-Berfikirlahterlebihdahuluketikakitaakanbertindak
UNSUR
EKSTRINSIK
NilaiSosial
Mencobauntuklebihbaik
Berbuatbaikwalaupundibalaskejahatan
(Bukti agama islam)
“Sesungguhnyarahmat
Allah Swtamatdekatkepada orang-orang yang berbuatbaik.”(QS. Al-A’raf: 56)
“Dan
berbuatbaiklahkepadaibu-bapak, karibkerabat, anak-anakyatim, orang-orang
miskin, tetangga yang dekatdantetangga yang jauh, temansejawat, ibnusabil (orang
yang bepergian) danhambasahayamu (pembantu).” (QS. An-Nisa [4]: 36).
“Balaslahperbuatanburukmerekadenganyglebihbaik.Kami
lebihmengetahuiapa yang merekasifatkan.” (Q.S. Al-Mu’minun [23]: 96)
“Tidakadabalasanuntukkebaikanselainkebaikan
pula.”
(QS. Ar-Rahman [55]: 60).
“Merekaitudiberipahaladua
kali
lipatdisebabkankesabaranmerekadanmerekamenolakkejahatandengankebaikandansebagiandariapa
yang telah Kami rezekikankepadamereka, merekanafkahkan.”(QS. Al-Qashash [28]:54)
“Siapa
yang datangmembawakebaikan, baginyapahala yang lebihbaikdaripadakebaikannyaitu;
dansiapa yang datangmembawakejahatan, tidaklahdiberibalasankepada orang-orang
yang telahmengerjakankejahatanitu, melainkanseimbangdenganapa yang
dahulumerekakerjakan.” (SQ. Al-Qashash [28]:84)
Allah Ta’ala berfirman,
إِذَازُلْزِلَتِالْأَرْضُزِلْزَالَهَا (1)
وَأَخْرَجَتِالْأَرْضُأَثْقَالَهَا (2) وَقَالَالْإِنْسَانُمَالَهَا (3)
يَوْمَئِذٍتُحَدِّثُأَخْبَارَهَا (4) بِأَنَّرَبَّكَأَوْحَىلَهَا (5)
يَوْمَئِذٍيَصْدُرُالنَّاسُأَشْتَاتًالِيُرَوْاأَعْمَالَهُمْ (6
فَمَنْيَعْمَلْمِثْقَالَذَرَّةٍخَيْرًايَرَهُ (7)
وَمَنْيَعْمَلْمِثْقَالَذَرَّةٍشَرًّايَرَهُ (8)
“Apabilabumidigoncangkandengangoncangan
(yang dahsyat), danbumitelahmengeluarkanbeban-bebanberat (yang dikandung)nya,
danmanusiabertanya: “Mengapabumi (menjadibegini)?”, padahariitubumimenceritakanberitanya,
karenasesungguhnya Rabbmu telahmemerintahkan (yang sedemikianitu)
kepadanya. Padahariitumanusiakeluardarikuburnyadalamkeadaanbermacam-macam,
supayadiperlihatkankepadamereka (balasan) pekerjaanmereka. Barangsiapa
yang mengerjakankebaikansekecilapa pun, niscayadiaakanmelihat (balasan)nya. Dan
barangsiapa yang mengerjakankejahatansekecilapa pun, niscayadiaakanmelihat
(balasan)nya pula.” (QS. Al Zalzalah: 1-8)
فَمَنْيَعْمَلْمِثْقَالَذَرَّةٍخَيْرًايَرَهُ (7) وَمَنْيَعْمَلْمِثْقَالَذَرَّةٍشَرًّايَرَهُ
(8)
“Barangsiapa yang
mengerjakankebaikansekecilapa pun, niscayadiaakanmelihat (balasan)nya. Dan
barangsiapa yang mengerjakankejahatansekecilapa pun, niscayadiaakanmelihat
(balasan)nya pula.“
يَوْمَتَجِدُكُلُّنَفْسٍمَاعَمِلَتْمِنْخَيْرٍمُحْضَرًاوَمَاعَمِلَتْمِنْسُوءٍتَوَدُّلَوْأَنَّبَيْنَهَاوَبَيْنَهُأَمَدًابَعِيدًا
“Padahariketikatiap-tiapdirimendapatisegalakebajikandihadapkan
(dimukanya), begitu (juga) kejahatan yang telahdikerjakannya;
iainginkalaukiranyaantaraiadenganhariituadamasa yang jauh.“ (QS. Ali
Imran: 30).
?Nilai Moral
Keburukanakanterbongkardengansendirinyawalaupunditutupi.
NilaiBudaya
Sopandansantunkepada orang tua,
Padajamandahulutentangpemberiannamaputriatauputra.
Gaya Bahasa
:
Majasmetafora :Batangnyabagaikanjubahputeri, daunnyabulatberkilaubagaikalungbatuhijau,
bunganyaputihkekuningandansangatwangi!
Majasironi : "Wahaiadikku, bagusbenarkalungmu! Seharusnyakalungitumenjadimilikku”
MajasParadoks
:Meskipunkecantikanmerekahampirsama, sibungsuPuteriKuningsedikitberbeda,
Iatakterlihatmanjadannakal.
Sebaliknyaiaselaluriangdandantersenyumramahkepadasiapapun.
Ialebihsukabebergiandenganinangpengasuhdaripadadengankakak-kakaknya.
Ngga lengkap
BalasHapus