Rabu, 16 November 2016

ANALISIS STRUKTUR TEKS HIKAYAT BUNGA KEMUNING




UNSUR INTRINSIK
Alur/plot         : AlurMaju
                        Bukti :karnadalamceritainitidakmenceritakantentangmasalalu.

Tema              : Kekeluargaan, KerajaandanKasihsayangtulusseoranganakkepada                           ayahnya.

Latar/setting  :
1.    Latartempat :
Kerajaan (bukti: hikayatinimengisahkantentangkerajaanjamandahulu.)
Taman (bukti :tanparagu, putrikuningmengambilsapudanmulaimembersihkantamanitu.)
Danau (bukti :ketika sang raja tiba di istanakesembilanputrinyamasihbermain di danau.)
Terasistana (bukti :sementaraputrikuningsedangmerangkaibunga di terasistana.)
2.    Latarwaktu :Padazamandahulukala
3.    Latarsuasana :Sedih (bukti: berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, takada yang berhasilmenemukanPutriKemuning. Raja sangatsedih."Akuini ayah yang buruk," katanya.)

Tokoh:
1.      Protagonis       : Raja danPutriKuning
2.      Antagonis        : PutriJingga, PutriNila, PutriHijau, PutriKelabu, PutriOranye, PutriMerahMerona, PutriKuningdan 2 putrilainnya.

Karakertokoh-tokoh
1.      Raja :
Bijaksana (bukti: sang raja dikenalsebagai raja yang bijaksana)
Penyayang (bukti: sang raja sangatmenyayangianak-anaknya)
2.      Putrikuning :
Baikhati (bukti: karnaparainangsibukuntukmenurutipermintaankakak-kakaknya, tamanmenjaditidakada yang membersihkan. Tapidengansenanghatiputrikuningmaumembantumembersihkantaman.)
Penyabar(bukti: “Haipelayan! Masihadakotorannih!” ujarseorang yang lain sambilmelemparkansampah. Taman istana yang sudahrapi, kembaliacak-acakan.Putrikuningdiamsajadanmenyapusampahsampahitu.) 
Ramah (bukti: Sebaliknyaiaselaluriangdantersenyumramahkepadasiapa pun.)
3.      PuteriHijau         : Jahat,  mudahiri (bukti: PuteriHijaumelihatPuteriKuningmemakaikalungbarunya. "Wahaiadikku, bagusbenarkalungmu!Seharusnyakalungitumenjadimilikku, karenaakuadalahPuteriHijau!" katanyadenganperasaaniri)
4.      Kakak-kakakputrikuning :Nakal, manja, jahat. (bukti: seringmembentakinangpengasuhdanmenyuruhpelayan agar menurutimereka, merampaskalungputrikuning, menangkapdanmemukulkepalaputrikuningsampaiputrikuningmeninggaldanmenguburnyatanpamemberitahuayahnya (raja).

Sudut Pandang          : Orang Pertamadan orang ketiga.

Amanat :
-Berlakubaiklahkepadasesamasaudarakita
-Berfikirlahterlebihdahuluketikakitaakanbertindak



UNSUR EKSTRINSIK
NilaiSosial
Mencobauntuklebihbaik
Nilai Agama
Berbuatbaikwalaupundibalaskejahatan
(Bukti agama islam)
“Sesungguhnyarahmat Allah Swtamatdekatkepada orang-orang yang berbuatbaik.”(QS. Al-A’raf: 56)
“Dan berbuatbaiklahkepadaibu-bapak, karibkerabat, anak-anakyatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekatdantetangga yang jauh, temansejawat, ibnusabil (orang yang bepergian) danhambasahayamu (pembantu).” (QS. An-Nisa [4]: 36).
“Balaslahperbuatanburukmerekadenganyglebihbaik.Kami lebihmengetahuiapa yang merekasifatkan.” (Q.S. Al-Mu’minun [23]: 96)
“Tidakadabalasanuntukkebaikanselainkebaikan pula.” (QS. Ar-Rahman [55]: 60).
“Merekaitudiberipahaladua kali lipatdisebabkankesabaranmerekadanmerekamenolakkejahatandengankebaikandansebagiandariapa yang telah Kami rezekikankepadamereka, merekanafkahkan.”(QS. Al-Qashash [28]:54)
“Siapa yang datangmembawakebaikan, baginyapahala yang lebihbaikdaripadakebaikannyaitu; dansiapa yang datangmembawakejahatan, tidaklahdiberibalasankepada orang-orang yang telahmengerjakankejahatanitu, melainkanseimbangdenganapa yang dahulumerekakerjakan.” (SQ. Al-Qashash [28]:84)
Allah Ta’ala berfirman,
إِذَازُلْزِلَتِالْأَرْضُزِلْزَالَهَا (1) وَأَخْرَجَتِالْأَرْضُأَثْقَالَهَا (2) وَقَالَالْإِنْسَانُمَالَهَا (3) يَوْمَئِذٍتُحَدِّثُأَخْبَارَهَا (4) بِأَنَّرَبَّكَأَوْحَىلَهَا (5) يَوْمَئِذٍيَصْدُرُالنَّاسُأَشْتَاتًالِيُرَوْاأَعْمَالَهُمْ (6
فَمَنْيَعْمَلْمِثْقَالَذَرَّةٍخَيْرًايَرَهُ (7) وَمَنْيَعْمَلْمِثْقَالَذَرَّةٍشَرًّايَرَهُ (8)
Apabilabumidigoncangkandengangoncangan (yang dahsyat), danbumitelahmengeluarkanbeban-bebanberat (yang dikandung)nya, danmanusiabertanya: “Mengapabumi (menjadibegini)?”, padahariitubumimenceritakanberitanya, karenasesungguhnya Rabbmu telahmemerintahkan (yang sedemikianitu) kepadanya. Padahariitumanusiakeluardarikuburnyadalamkeadaanbermacam-macam, supayadiperlihatkankepadamereka (balasan) pekerjaanmereka. Barangsiapa yang mengerjakankebaikansekecilapa pun, niscayadiaakanmelihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakankejahatansekecilapa pun, niscayadiaakanmelihat (balasan)nya pula.” (QS. Al Zalzalah: 1-8)

فَمَنْيَعْمَلْمِثْقَالَذَرَّةٍخَيْرًايَرَهُ (7) وَمَنْيَعْمَلْمِثْقَالَذَرَّةٍشَرًّايَرَهُ (8)
Barangsiapa yang mengerjakankebaikansekecilapa pun, niscayadiaakanmelihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakankejahatansekecilapa pun, niscayadiaakanmelihat (balasan)nya pula.“
يَوْمَتَجِدُكُلُّنَفْسٍمَاعَمِلَتْمِنْخَيْرٍمُحْضَرًاوَمَاعَمِلَتْمِنْسُوءٍتَوَدُّلَوْأَنَّبَيْنَهَاوَبَيْنَهُأَمَدًابَعِيدًا
Padahariketikatiap-tiapdirimendapatisegalakebajikandihadapkan (dimukanya), begitu (juga) kejahatan yang telahdikerjakannya; iainginkalaukiranyaantaraiadenganhariituadamasa yang jauh.“ (QS. Ali Imran: 30).

?Nilai Moral
Keburukanakanterbongkardengansendirinyawalaupunditutupi.
NilaiBudaya
Sopandansantunkepada orang tua, Padajamandahulutentangpemberiannamaputriatauputra.

Gaya Bahasa :
Majasmetafora :Batangnyabagaikanjubahputeri, daunnyabulatberkilaubagaikalungbatuhijau, bunganyaputihkekuningandansangatwangi!

Majasironi       : "Wahaiadikku, bagusbenarkalungmu! Seharusnyakalungitumenjadimilikku”
MajasParadoks :Meskipunkecantikanmerekahampirsama, sibungsuPuteriKuningsedikitberbeda, Iatakterlihatmanjadannakal. Sebaliknyaiaselaluriangdandantersenyumramahkepadasiapapun. Ialebihsukabebergiandenganinangpengasuhdaripadadengankakak-kakaknya.

1 komentar: